BADAN KOORDINASI PENANAMAN MODAL (BKPM)

BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia) merupakan sebuah lembaga pemerintahan yang berperan sebagai penghubung utama antara dunia usaha dan pemerintah. BKPM diberi mandat untuk mendorong investasi langsung, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, melalui penciptaan iklim investasi yang kondusif. Setelah BKPM dikembalikan statusnya menjadi lembaga setingkat kementerian di tahun 2009 dan melapor langsung kepada Presiden Republik Indonesia, maka sasaran lembaga promosi investasi ini tidak hanya untuk meningkatkan jumlah investasi yang lebih besar dari dalam maupun luar negeri, namun juga untuk mendapatkan investasi yang berkualitas untuk dapat memperbaiki kesenjangan sosial dan mengurangi pengangguran.

Sebagai negara dengan penduduk terbesar kelima di dunia dengan jumlah populasi penduduk sebesar 257 juta jiwa, menjadikan Indonesia sebagai pasar yang dinamis untuk berkembangnya digitalisasi perekonomian khususnya pertumbuhan startup berbasis teknologi, e-commerce dan marketplace. Tumbuhnya pasar startup teknologi yang sangat pesat di dalam negeri mengindikasikan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin kuat serta ketersediaan teknologi yang terus berkembang untuk mendukung pertumbuhan industri ini.

Untuk memaksimalkan potensi industri digital di Indonesia yang diperkirakan mencapai US$ 130 miliar pada 2020, BKPM sebagai instansi pemerintah yang mempunyai peran aktif dalam menarik investasi danmenciptakan iklim usaha yang kondusif, dipandang perlu melakukan promosi investasi dalam rangka membangun kepercayaan global dan nasional terhadap Indonesia, serta meningkatkan citra positif dan persepsi yang kuat di mata para investor asing bahwa Indonesia adalah pilihan yang tepat sebagai negara tujuan investasi.